DESKRIPSI

Tentang Proyek

Merevolusi Pembelajaran Matakuliah Ragam Hias Nusantara melalui Pengembangan Kelas Realitas Virtual (Virtual Reality Class) Melalui Teknologi Cerdas Implementasi Machine Learning (Artificial Intelligence) Sebagai Object Recognition adalah suatu langkah inovatif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa dalam mata kuliah Ragam Hias Nusantara. Dalam proyek ini, teknologi Realitas Virtual (VR) akan digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang mendalam dan interaktif, sedangkan Teknologi Cerdas (AI) dalam bentuk Machine Learning akan digunakan untuk mengenali objek ragam hias secara otomatis.

Melalui proyek ini, diharapkan siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam, interaktif, dan kontekstual dalam mata kuliah Ragam Hias Nusantara. Teknologi VR dan AI akan menghadirkan ragam hias Nusantara dengan cara yang baru dan menginspirasi, sambil membantu siswa memahami nilai budaya dan sejarah di balik setiap objek. Ini adalah contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memperkaya pembelajaran dan mempertahankan kekayaan budaya Indonesia.

Deskripsi Ragam Hias Virtual Lab

a. Pengenalan Revolusi Pembelajaran: Proyek ini akan dimulai dengan pengenalan konsep revolusi dalam pembelajaran, yaitu perubahan fundamental dalam pendekatan dan teknologi pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik.

b. Identifikasi Materi Ragam Hias Nusantara: Tim pengembangan akan mengidentifikasi beragam ragam hias Nusantara yang akan diintegrasikan ke dalam proyek ini, termasuk batik, ukir, dan hiasan tekstil tradisional lainnya.

c. Pengembangan Kelas Realitas Virtual: Kelas Realitas Virtual (VR) akan dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi VR yang memungkinkan siswa menjelajahi objek ragam hias dalam lingkungan virtual yang imersif dan realistis.

d. Implementasi Teknologi Cerdas Machine Learning: Teknologi Cerdas (AI) dalam bentuk Machine Learning akan diimplementasikan untuk mengenali objek ragam hias secara otomatis saat siswa menjelajahi lingkungan virtual. Ini akan memberikan informasi kontekstual mengenai objek.

e. Interaksi Siswa dengan Objek Ragam Hias: Dalam kelas VR, siswa akan dapat berinteraksi langsung dengan objek ragam hias Nusantara. Mereka dapat mempelajari detail dan sejarah setiap objek dengan bantuan informasi yang diberikan oleh sistem AI.

f. Pengenalan Sejarah dan Makna: Selama interaksi dengan objek, informasi mengenai sejarah, makna, dan budaya di balik setiap ragam hias akan disediakan. Ini akan meningkatkan pemahaman siswa mengenai warisan budaya Indonesia.

g. Pengujian dan Evaluasi: Kelas VR akan diuji coba dalam lingkungan nyata. Data dan umpan balik dari siswa akan dikumpulkan dan dievaluasi untuk memahami efektivitas dan keberhasilan proyek ini.

h. Peningkatan dan Pengembangan Lanjutan: Berdasarkan umpan balik dan evaluasi, proyek ini akan terus diperbaiki dan ditingkatkan untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.

247 Creative Space 247 Creative Space 247 Creative Space

Segera hubungi kami

Untuk berkolaborasi dengan 247 Creative Space

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare