Menggapai Kemampuan Inklusivitas melalui Rancang Bangun Aplikasi Sketch Assistant Ramah Siswa Berkebutuhan Khusus untuk Perguruan Tinggi Berbasis Extended Reality Technology adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan ramah bagi siswa berkebutuhan khusus di perguruan tinggi. Proyek ini akan menggabungkan teknologi Extended Reality (XR) dengan aplikasi Sketch Assistant untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif.
Dengan proyek ini, diharapkan siswa berkebutuhan khusus di perguruan tinggi akan memiliki akses ke pengalaman pembelajaran yang lebih inklusif dan mendalam. Teknologi Extended Reality dan aplikasi Sketch Assistant akan memberikan dukungan visual, audio, dan interaktif yang dapat membantu siswa berkebutuhan khusus dalam mengatasi tantangan pembelajaran. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan merangkul keberagaman di kalangan siswa.
Deskripsi Aplikasi Sketch Assistant
a. Pengenalan Inklusivitas dalam Pendidikan: Proyek ini akan dimulai dengan pengenalan konsep inklusivitas dalam pendidikan, yang mengacu pada pendekatan pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan semua siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus.
b. Identifikasi Kebutuhan Siswa Berkebutuhan Khusus: Tim pengembangan akan bekerja sama dengan ahli pendidikan khusus untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran.
c. Pengembangan Aplikasi Sketch Assistant Ramah Inklusivitas: Aplikasi Sketch Assistant akan dikembangkan dengan fitur-fitur khusus yang membantu siswa berkebutuhan khusus dalam menggambar dan berinteraksi dengan lingkungan virtual.
d. Integrasi Teknologi Extended Reality: Teknologi Extended Reality (XR), termasuk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), akan digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran virtual yang interaktif dan mendalam.
e. Adaptasi Konten Pembelajaran: Konten pembelajaran dalam aplikasi akan diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Misalnya, panduan dan petunjuk akan diberikan dalam format yang lebih jelas dan sesuai dengan preferensi siswa.
f. Pengalaman Pembelajaran Interaktif: Aplikasi akan memberikan pengalaman pembelajaran interaktif melalui aktivitas menggambar, berinteraksi dengan objek virtual, dan berpartisipasi dalam simulasi pembelajaran.
g. Pembelajaran Diferensiasi: Aplikasi akan menyediakan cara berbeda dalam menyampaikan informasi, seperti teks, suara, dan visual, sehingga siswa dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi belajar mereka.
h. Pelatihan Guru dan Dosen: Guru dan dosen akan dilibatkan dalam pelatihan untuk memahami cara mengimplementasikan aplikasi ini dalam pengajaran dan memberikan dukungan kepada siswa berkebutuhan khusus.
i. Pengujian dan Evaluasi: Aplikasi akan diujicobakan dengan melibatkan siswa berkebutuhan khusus. Data dan umpan balik dari pengguna akan digunakan untuk memahami efektivitas dan perbaikan yang diperlukan.
j. Peningkatan dan Pengembangan Lanjutan: Berdasarkan umpan balik dan evaluasi, aplikasi akan terus diperbaiki dan ditingkatkan untuk mencapai tujuan inklusivitas yang lebih baik.